0 votes
by (120 points)
Dia muncul dalam bentuk seorang Resi yang menghardik Arjuna, bahwa dengan segala tapa bratanya tersebut, Arjuna belum mencapai kesempurnaan karena sebetulnya Arjuna hanya mengejar pembebasan dirinya sendiri (ego-spiritualis). Pasopati identik dengan senjata andalan Arjuna, salah seorang dari kesatria penengah Pandawa dalam cerita pewayangan. Tapi Pasopati dalam cerita pewayangan bukan berwujud sebilah Keris, batu mustika telur puyuh tapi berwujud senjata panah.

Dalam waktu 40 hari itu Ki Supa bukan membuat sebilah, melainkan dua bilah keris putran, yang bentuk dan rupanya sama benar dengan keris Kanjeng Kyai Sumelang Gandring. Pengaruh kebudayaan Tiongkok mungkin masuk melalui kebudayaan Dongson (Vietnam) yang merupakan penghubung antara kebudayaan Tiongkok dan global Melayu. Terdapat keris sajen yang memiliki bentuk gagang manusia sama dengan belati Dongson. Selanjutnya bahkan dikatakan untuk menguji kemampuan keris tersebut melawan kekuatan supranatural si penghasil keris (yang justru disimpan dalam keris itu untuk menambah kemampuannya). Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengeluarkan kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok.

imageSeorang empu tidak akan membuat keris yang tidak sesuai dengan orang yang meminta. Dengan ilmu tangguh itu, kita dapat mengenali nama-nama para Empu dan hasil karyanya yang berupa bilahan-bilahan keris, pedang, tombak, dan lain-lainnya. Salah satu benda pusaka yang banyak diburu oleh para pecinta dan para kolektor Tosan Aji serta para pejabat Negara adalah Keris pusaka Singo Barong.

Justru, pikirkan bagaimana menggulirkan karya budaya sesuai dengan keberterimaan zaman. Keris ini juga akrab disebut dengan Naga Runting Makan Emas atau dalam bahasa jawanya "Ngemut Emas" diberikan karena pada pusaka ini terdapat setitik emas melekat pada lidah atau mulut naga yang menjadi bentuk utama dari pusaka tersebut. Ketika sambutan kepada sultan tersebut perbagai persembahan di sembahkan dan akhir sekali Taming sari meminta kebenaran kepada raja mahajapahit untuk menantang hulubalang melaka bermain keris.

Your answer

Your name to display (optional):
Privacy: Your email address will only be used for sending these notifications.
Welcome to QNA BUDDY, where you can ask questions and receive answers from other members of the community.
...