0 votes
by (160 points)
Setiap pusaka dikawal oleh rombongan peserta kirab sekaligus abdi dalem yang membawa oncor serta payung keraton. Saat pembuatannya konon Sunan Kalijaga hanya menyerahkan bahan mentah berupa besi seukuran biji salak. Fungsi daftar pustaka adalah untuk menginformasikan kepada pembaca, dasar dari tulisan yang kamu buat.

Selain itu, juga dilakukan shalat hajat dan shalat malam di masjid dalam keraton. JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kehidupan masyarakat zaman dahulu khusus di tanah Jawa tak bisa dilepaskan dari keberadaan pusaka. Keberadaan pusaka tersebut umumnya sebagai senjata untuk pertahanan diri. Namun, jual beli jimat ada pula yang dipercaya dapat meningkatkan pamor pemiliknya. Ia menambahkan ketika iring-iringan kirab berangkat, ada ritual doa di kawasan sakral keraton yang disebut bandengan. Sebelum pusaka dikeluarkan dari dalam keraton, seorang abdi dalem wanita keluar.

Tepat di depan pintu utama keraton atau yang disebut Kori Kamandungan, abdi dalem tersebut terlihat menyalakan dupa yang dibakar di atas tungku sembari berdoa. KEHIDUPAN masyarakat zaman dahulu khusus di tanah Jawa tak bisa dilepaskan dari keberadaan pusaka. Jambitv.co, Kisah – Sejarah dan Kisah Indonesia tempo dulu diwarnai dengan cerita-cerita yang unik dan menarik. Terutama dalam perkembangan adat, tradisi dan budaya masyarakat Indonesia yang beragam.

Kita bisa menulis daftar pustaka yang berasal dari buku, jurnal, website, karya ilmiah, majalah, maupun hasil wawancara. Banyaknya keterangan di daftar pustaka bertujuan agar pembaca bisa mengetahui dasar penulisan dan dari mana sumber itu bisa diakses. Keris dengan lekuk 17 ini dibuat oleh sahabat Sunan Kalijaga bernama oleh Empu Supa Mandagri, seorang Pandebesi kenamaan dari Kerajaan Majapahit. Saat pembuatannya, Sunan Kalijaga hanya menyerahkan bahan mentah berupa besi seukuran biji salak.

Your answer

Your name to display (optional):
Privacy: Your email address will only be used for sending these notifications.
Welcome to QNA BUDDY, where you can ask questions and receive answers from other members of the community.
...