0 votes
by (120 points)
Bentuk motifnya berupa bulatan-bulatan yang mengelompok rapat dengan masing-masing bulatannya berjarak sekitar 0,5 - 1 cm. Tuahnya dinilai baik untuk memudahkan dalam mencari rezeki. Ada beberapa jenis pamor pada Keris, Tombak atau Tosan Aji lainnya yang masing-masing memiliki ciri dan motif yang berbeda-beda sesuai dengan betuk dan tehnik pembuatannya. Ada yang bentuknya tidak disengaja atau yang biasa disebut sebagai pamor tiban dan ada yang bentuk motifnya sudah direncanakan / dirancang dari awal atau yang disebut pamor rekan.

Ketika membeli keris, selain bentuk dan pamor yang diperhatikan, yang paling penting untuk dideteksi adalah enerji spiritual atau tuah keris yang merupakan tugas utama yang asli dari keris itu. Anda harus memilih keris yang "kehendak spiritualnya" sesuai dengan kehendak anda. Supaya anda dan keris tersebut mempunyai hubungan yang harmonis. Anda menyenangi keris tersebut, memperlakukannya dengan patut, sehingga keris juga merasa aman dan tenang ditangan anda dan , mestinya si keris akan melayani tuan barunya dengan sepenuh hati. Dimasa lalu, setiap pria Jawa terutama bangsawan dan priyayi, pada saat menjalankan tugasnya sehari-hari, selalu mengenakan busana tradisional lengkap dengan sebilah keris dipinggangnya.

Pamor Tejo Kinurung termasuk pamor rekan dan tidak pemilih. Tuahnya untuk memudahkan pemiliknya dalam meraih cita-cita dan untuk perlindungan. Pamor Sekar Tebu merupakan pamor miring - rekan dan tergolong pemilih. Motifnya menyerupai bentuk untaian bunga pala dan sepintas mirip dengan pamor Sekar Anggrek. Pamor ini cocok dimiliki oleh orang yang berprofesi sebagai Dalang dan Pesinden karena angsarnya dapat menjadikan pemiliknya menjadi orang terkenal.

Karena keyakinan itulah yang menyebabkan banyak keris pusaka tangguh singosari luk 7 berpamor Tundung dilarung ke sungai. Tapi bagi sebagian orang, Keris berpamor Tundung justru diyakini memiliki tuah untuk tolak bala dan dapat menangkal hal-hal yang sifatnya negatif. Bentuknya merupakan kumpulan bulatan-bulatan kecil berlapis-lapis yang ukurannya lebih kecil dari bulatan-bulatan pamor Udan Mas. Tuahnya untuk memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki dan kekayaan. Bentuk motifnya mirip dengan pamor Mayang Mekar tapi agak renggang dan tidak terlalu rapat. Tuahnya sangat baik untuk kenaikan pangkat, kesuksesan usaha, dan memudahkan dalam mencari rejeki.

Your answer

Your name to display (optional):
Privacy: Your email address will only be used for sending these notifications.
Welcome to QNA BUDDY, where you can ask questions and receive answers from other members of the community.
...